Trilogis.id (Pemda Boalemo) – Tidak lama lagi, Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo akan didatangi oleh Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo untuk melihat proses pelayanan publik kepada masyarakat.
Oleh karena itu, Plt Bupati Boalemo Ir.Anas Jusuf,M.si melakukan sidak sekaligus memberikan Pembinan Kepada ASN di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), rabu 09-06-2021.
Pada kesempatan itu, Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf menyampaikan bahwa DPM-PTSP merupakan salah dinas khusus yang menjadi target dalam penilaian Pelayanan Publik yang akan dilakukan oleh Ombusdman perwakilan Provinsi Gorontalo nanti.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Pasalnya, menurut Anas bahwa Penilaian Dinas yang mengurusi segala bentuk perizinan itu, menjadi representasi Pelayanan Publik Pemerintah Daerah.
“Dalam penilaian ombusdman nanti, pelayananan publik itu 50% ditentukan oleh DPM-PTSP. kalau Pelayanan publik DPM-PTSP bagus, maka yang lainnya akan menunjang, tetapi Kalau pelayanan publik di DPM-PTSP jelek, maka otomatis yang lain, sebagus apapun tetap menjadi jelek, jadi begitu sentralnya, eksistensinya atau kedudukan DPM-PTSP dalam penilaian pelayanan publik yang akan di lakukan ombusdman,” beber Anas
Sehingga, dalam pelayanan nanti, Anas mengajak Seluruh staf DPM-PTSP untuk merubah pola pikir dan pola kerja sesuai dengan aturan yang mengatur.
“Saya sangat berharap kepada DPM-PTSP, tetapi di dalam kedatangan ombudsman itu, tidak berarti kita bahwa kita meningkatkan pelayanan. Kita harus merubah pola pikir kita,bahwa pelayanan publik itu,harus di lakukan semaksimal mungkin,sebagaimana UU No.25 Tahun 2009,” kata Anas
Meskipun demikian, Anas menegaskan walaupun tidsk dinilai oleh Ombusdman, Pelayanan Publik harus tetap maksimal.
“Ombusdman itu merupakan organisasi yang di tugaskan untuk melakukan penilaian pelayanan publik yang di laksanakan Pemerintah Daerah.oleh sebab itu, walaupun tidak ada penilaian dari ombusdman, pelayanan publik ini harus kita maksimalkan, karena itu adalah kebutuhan dasar masyarakat untuk memperoleh pelayanan dari Pemerintah Daerah. Oleh sebab itu, saya tegaskan mulai dari front office sampai seluruh ASN yang di tugaskan, agar benar-benar memperlihatkan, bahwa kita adalah sebagai pelayan masyarakat”.